25
Oct
Off

Pencegahan Penipuan Kegiatan Lelang Online

Kegiatan lelang online merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di masa pandemi seperti ini. Namun belum banyak orang yang mengetahui cara untuk mengikuti kegiatan lelang ini. Kegiatan lelang ini dapat diikuti oleh semua orang baik dari daerah ataupun negara yang berbeda. Dengan adanya kegiatan lelang yang dilakukan secara online semakin mempermudah karena penawaran dapat dilakukan kapan dan dimana saja tanpa terbatas waktu dan tempat. Keuntungan adanya kegiatan ini selain mempermudah masyarakat melakukan penawaran barang adalah mempermudah para penjual dalam mendapatkan informasi jadwal kegiatan lelang. Banyaknya orang yang mengikuti kegiatan secara online menjadikan peluang orang yang merebutkan barang yang dijual sangat besar. Keutungan dari sisi pembeli dengan adanya kegiatan ini adalah mempermudah mereka mendapatkan jadwal, lokasi, serta daftar barang yang akan dijual.

Pencegahan Penipuan Kegiatan Lelang Online

Terdapat beberapa hal yang membuat sesorang takut mengikuti kegiatan lelang secara online ini yaitu kondisi barang yang tidak sesuai. Ketakutan ini karena pembeli tidak bisa melihat secara langsung bagaimana kondisi barang yang dilelang. Untuk mengatasi hal tersebut, balai lelang melakukan antisipasi dengan melakukan pemeriksaan barang terlebih dahulu sebelum dilelang. Selain barang yang tidak sesuai hal yang ditakutkan masyarakat mengikuti lelang ini adalah penipuan. Semakin banyak pihak yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk melakukan kejahatan salah satunya dalam kegiatan lelang. Sudah banyak orang yang menjadi korban penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu diperhatikan beberapa hal sebelum mengikuti kegiatan lelang ini diantaranya adalah:

  1. Terlebih dahulu memeriksa situs lelang apakah situs tersebut resmi atau tidak, dianjurkan menggunakan situs resmi lelang Indonesia yang langsung dikelola oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.
  2. Mencari informasi tentang barang yang akan dijual sehingga kita mengetahui secara detail barang tersebut, baik dari segi kualitas serta harga pada umumnya. Hal ini bertujuan agar kita mengetahui harga umum barang tersebut sebelum melakukan penawaran.
  3. Jika bisa meminta waktu untuk memeriksa barang yang dilelang sebelum dijual.
  4. Memeriksa terlebih dahulu mengenai biaya tambahan atas pembelian barang lelang tersebut.
  5. Jangan mengirimkan uang ke pihak yang tidak dikenal dengan alasan dapat menang dalam lelang tersebut. Hal ini sering menjadi upaya yang dilakukan para penipu dan banyak orang yang langsung melakukan tindakan tersebut.
  6. Memperhatikan rekening yang digunakan jika rekening pribadi berarti itu merupakan salah satu tindakan penipuan karena dalam kegiatan lelang biasanya menggunakan rekening perusahaan atau badan.
  7. Meminta untuk melakukan pembayaran di tempat sehingga kita bisa memeriksa barang lelang terlebih dahulu.
  8. Jika sudah mencurigai oknum yang terlihat melakukan penipuan segera lapor ke pihak yang berwenang.

Semua kegiatan online hampir memiliki risiko adanya penipuan tidak terkecuali kegiatan lelang. Kegiatan lelang menjadi salah satu peluang para penjahat teknologi melakukan tindakan kejahatan. Namun tidak semua kegiatan lelang melakukan penipuan, kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud agar mempermudah orang untuk menjual koleksi barangnya di kegiatan lelang dan mempermudah pembeli melakukan pembelian barang lelang agar lebih efisien. Walaupun banyak peluang penipuan dalam kegiatan lelang secara online kita tidak perlu takut karena sudah banyak situs resmi kegiatan lelang yang sudah dipercaya dan banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi agar penipuan tersebut tidak terjadi.